Tuesday 21 October 2014

Aspek Pemasaran

Spesifikasi Produk/Jasa

           Spesifikasi produk/jasa memaparkan mengenai produk/jasa yang ditawarkan kepada para konsumen misalnya perusahaan Giant Computer yang menawarkan produk/jasa berupa Penyewaan komputer, Jual-Beli Laptop, Servis Laptop dan Jasa Programming.
         Pada Jual-Beli Laptop, ditawarkan beberapa produk dengan spesifikasi dan merek yang berbeda- beda. Seperti yang dijelaskan pada tabel dibawah ini.

Merek
Prosesor
Memori
Grafis
Harga
Lenovo
Intel® Core™ i7-4500U Processor (1.8 GHz, Cache 4MB)
8 GB DDR3 PC-10600
Intel® HD Graphics 4400
Rp. 20.000.000
Acer
AMD DualCore E1200, Clock Speed 1.4 GHz
2 GB DDR3 SODIMM PC-10600
AMD HD7310-256MB
Rp 3.500.000
Asus
intel Core i3 2350M, Clock Speed 2.3 Ghz , cache 3 MB
2 GB RAM , DDR3 Pc 10600
Intel Graphics Media Accelerator 3000
Rp 5.000.000
HP
Intel Core i7-2760QM, Clock Speed 2.40 Ghz, Cache 6 MB
RAM 8 GB, DDR3 PC-10600
Nvidia Quadro 3000M
 Rp 28.000.000
Toshiba
core i7-2670QM , Clock Speed 2.20 Ghz, Cache 6 MB
Ram 4 GB , DDR3 PC-10600
 Nvidia GeForce GT 540M
Rp 12.750.000
            Pada Penawaran jasa spesifikasi yang ditetapkan perusahaan, tergantung pada keinginan dari konsumen. Semakin rumit program yang dibuat, semakin banyak biaya yang harus dibayarkan oleh konsumen.

Segmentasi Produk/Jasa

            Segmentasi produk/jasa adalah pembagian produk-produk atau jasa-jasa berdasarkan jenisnya. Ada pembagian produk menurut bentuk, harga, dan merek. Seperti produk laptop dengan harga dan merek yang ada pada tabel diatas. Sedangkan penawaran dalam bidang jasa bisa dikelompokkan kedalam bentuk bahasa pemrograman yang diminta dan bentuk aplikasi yang diinginkan oleh konsumen.

Analisis Situasi Pasar

            Situasi Pasar dalam menawarkan produk/jasa tergantung pada letak suatu perusahaan. Letak yang strategis akan menguntungkan bagi perusahaan. Misalnya perusahaan Giant Computer yang letaknya di tengah kota tangerang selatan sehingga mudah dicari dan disekitarnya banyak sekolah yang membutuhkan jasa penyewaan dan percetakan.

Analisis Pesaing

            Dalam dunia bisnis penawaran produk/jasa wajar saja bila banyak pesaing dalam bisnis yang sama, Apalagi jika letak perusaahaan itu berada dalam tengah kota yang ramai. Banyak pesaing yang menawarkan produk/jasa yang sama, hal itu tidak perlu dijadikan penghambat bagi perusaahan karena perusaahan yang mengutamakan kualitas dan harga yang lebih murah akan lebih ramai dan mampu bersaing dengan perusaahan yang lain.

Strategi Promosi

            Promosi adalah salah satu aspek yang penting dalam pemasaran bisnis produk/jasa seperti ini. Promosi yang menarik akan menumbuhkan minat konsumen untuk berkunjung dan membeli produk/jasa dari perusahaan. Misalnya promosi dengan memberikan diskon dan bonus bila membeli produk/jasa dari perusaahan ini.

Media promosi berbasis TI

            Pada zaman sekarang ini semua orang hampir menggunakan internet setiap harinya. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk media pemasaran produk/jasa kepada konsumen. Web merupakan salah satu media yang mudah diakses untuk media penawaran produk/jasa, selain itu media sosial yang saat ini banyak digunakan bisa juga dimanfaatkan sebagai media pemasaran. Seperti facebook, instagram dan path.

Komentar Pribadi

            Semua sub pokok materi diatas saling berhubungan satu sama lain sebagai aspek media pemasaran. Spesifikasi dan segmentasi produk/jasa sangat dibutuhkan untuk menjelaskan produk/jasa apa yang ditawarkan kepada konsumen sehingga konsumen dapat dengan jelas mengerti produk/jasa apa yang ditawarkan. Analisis situasi pasar dan pesaing merupakan satu komponen yang tidak bisa terpisahkan. Setiap memulai bisnis pastilah harus melihat letak lokasi dan pesaing yang ada.

            Letak lokasi strategis dan ramai bisa dijadikan nilai tambah untuk bersaing dengan para pesaing dibisnis yang sama. Harga dan kualitas yang baik akan membuat konsumen puas dan kembali lagi untuk memesan produk/jasa diperusaahan ini. Banyaknya promosi berupa diskon dan bonus akan membuat konsumen tertarik. Promosi yang menarik bisa dipasarkan dengan media promosi berbasis IT seperti media sosial dan web. Jika semua aspek dapat dipenuhi, perusahaan ini akan semakin maju dan mengalahkan para pesaingnya.

No comments:

Post a Comment