Tuesday 25 November 2014

KIAT MENGATASI INTERVIEW KERJA



Interview pekerjaan adalah langkah akhir bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Karena itu penentu yang paling menentukan. Banyak sekali calon pekerja/para kandidat yang akhirnya gagal saat melewati tahap ini. Mengapa begitu sedikit orang yang bisa menaklukkan Job Interview? Hanya beberapa yang mengetahui tips dan tekniknya yang akan mendapatkan posisi yang diinginkan.

Banyak calon pekerja yang sukses melewati berbagai tahapan seleksi kerja mulai dari psikotes, tes pengetahuan umum, bahasa asing, dll namun mereka gagal justru di proses seleksi terakhir yaitu interview.

Banyak yang lantas langsung hilang kepercayaan diri hanya karena tidak berhasil menaklukkan sesi terakhir ini. Jika anda pernah mengalaminya dan ingin bisa sukses di interview selanjutnya, ada beberapa tips di bawah ini yang cocok untuk anda.

Berlatih Mengelola Stres dalam sebagian besar kasus interview pekerjaan, banyak pekerja yang stress dan buyar konsentrasi karena sengaja dibuat kesal oleh perusahaan. Seberapapun anda dibuat kesal saat sesi wawancara, coba ingat satu hal yang positif

Bahasa Tubuh Penting untuk diingat, pernyataan yang kedengarannya konyol dari seorang pewawancara kerja bisa saja merupakan tes untuk melihat ekspresi tingkat hormat Anda kepadanya. Hal yang pasti, jangan memutarkan bola mata yang mengesankan kesombongan saat bicara kepada pewawancara.
Selama wawancara kerja, upayakan untuk duduk dengan tegak dan rapi menghadapkan kaki dan dada ke pewawancara. Dengan melakukan ini, Anda memberi kesan ketertarikan kepada perbincangan. Upayakan tidak membungkuk -untuk menunjukkan rasa hormat- dan tidak duduk kelewat tegak -yang mengesankan keangkuhan dan tegang.

Pakai Baju Berwarna Biru saat interview akan meninggalkan kesan ke dalam pikiran bawah sadar interviewer bahwa Anda adalah orang yang professional dan dapat dipercaya.

Kenali dan Pelajari Berbagai Pertanyaan yang Mungkin Akan Keluar

meninggalkan Kesan yang Baik jangan pernah mengkritik perusahaan tempat Anda akan melamar kerja. Setelah itu, jangan terpancing untuk membicarakan kekurangan/kelemahan pihak lain. Hindari mengeluh atas kejadian yang Anda alami sebelumnya (misalnya aduh tadi macet banget di jalan, merasa lama menunggu, dan sebagainya).

No comments:

Post a Comment