Wednesday 1 October 2014

Motivasi Belajar



              Motivasi memegang peranan sangat penting dalam menjalani kehidupan ini khususnya dalam hal belajar. Seorang siswa atau bahkan mahasiswa harus mempunyai motivasi sebagai bentuk dorongan semangat untuk mencapai keinginannya atau cita-citanya. Tanpa motivasi usaha yang dilakukan tidak akan maksimal, jadi sebuah motivasi ialah syarat mutlak dalam menggapai cita-cita. Menurut saya sebuah motivasi dapat ditimbulkan dari dalam diri sendiri dan pengaruh dari luar. Motivasi yang timbul dari diri sendiri dapat berupa kesadaran dan sebuah sikap gigih untuk mendapatkan sesuatu. Sedangkan motivasi yang timbul akibat pengaruh dari luar dapat berupa pujian, suruhan atau bahkan paksaan dari oranglain.
 
            Untuk meningkatkan sebuah motivasi belajar banyak yang harus diperhatikan, salah satunya tujuan. Tujuan dari sebuah pencapaian merupakan salah satu hal yang penting untuk menimbulkan sebuah motivasi. Seorang siswa tidak akan termotivasi jika ia sendiri tidak mengerti atau memahami tujuan dari kegiatan yang sedang ia lakukan. Selain tujuan, pengoptimalan fasilitas juga diperlukan, misalnya kelengkapan sumber-sumber belajar, gadget atau alat elektronik yang dapat menunjang siswa dalam belajar. Pemberian pujian atau hadiah dari oranglain juga dapat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi. Saingan atau competitor bisa menjadi sebuah pacuan untuk siswa dalam memperbaiki diri dan akan ada motivasi tersendiri untuk menjadi yang terbaik. Namun dengan adanya seorang kompetitor dapat menyebabkan siswa tersebut memiliki rasa dendam atau iri, hal ini yang harus dihindari. Yang paling berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar seorang siswa atau mahasiswa adalah orang tua, dengan mengingat orangtua kita, apa yang telah mereka perjuangkan demi kita, dan semua harapan-harapan mereka terhadap kita yang sangat memegang andil besar dalam memperngaruhi peningkatan motivasi belajar kita sebagai siswa ataupun mahasiswa. Tentunya kita sebagai anak menginginkan harapan kedua orangtua kita terhadap kita terwujud dan membuat mereka bangga, itulah salah satu kewajiban anak yang harus kita penuhi.

            Banyak hambatan atau rintangan yang akan siswa atau mahasiswa hadapi selama proses belajar, inilah pentingnya sebuah motivasi. Telah dibahas sebelumnya mengenai beberapa cara untuk meningkatkan motivasi belajar, tetapi cara-cara tersebut harus diikuti dengan penyerahan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendekatan diri dengan Tuhan merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi seperti. Semaksimal-maksimalnya usaha yang telah kita lakukan dan sebesar apapun motivasi belajar kita jika Tuhan tidak mengizinkan kita mencapai sebuah keinginan yang kita kehendaki maka tidak akan terjadi. Jadi sebagai umat beragama kita harus menyerahkan diri kita dan semua cita-cita, pengharapan, keinginan kita kepada Tuhan. Manusia hanya dapat berencana tetapi Tuhanlah yang menentukan segalanya.

No comments:

Post a Comment